-->

Tips Kesehatan

BERPIKIR POSITIF

BERPIKIR POSITIF

Ini yg saya baca saat kelas 2 SMP (1968) dari buku yg dipinjami ayah saya. Buku "Berpikir Positif" by Normant Vincent Peale.

Seorang pengusaha yg bangkrut menemui Norman Vincent Peale di kamar hotelnya. Setengahnya dia memprotes ceramah Peale sebelumnya tentang berpikir positif. Dia mengatakan :"Mr. Peale, Anda menyarankan kami utk terus berpikir positif pada segala situasi. Tetapi itu tidak mungkin saya lakukan. Pada usia 55 tahun ini usaha saya bangkrut, seluruh perusahaan dan kekayaan saya lenyap. Saya sudah kehilangan segala galanya. Bagaimana mungkin saya bisa berpikir dan bersikap positif ?".

Peale :"Saya prihatin dengan kondisi Anda. Bolehkan saya bertanya beberapa hal tentang Anda ?.  Bagaimana dg kondisi kesehatan Anda di usia ini ?"

Pengusaha :"Saya sehat sehat saja".

Peale mengambil kertas dan menuliskan kata kesehatan yg baik. Dia bertanya lagi  :"Bagaimana dengan isteri Anda menghadapi kebangkrutan ini. Apa dia meninggalkan Anda ?"

Pengusaha :"Tidak, dia setia pada saya dan mendukung apapun yg akan sy lakukan"

Peale :"Bagus sekali. Bagaimana dengan anak anak Anda, apakah mereka menyalahkan Anda dan memusuhi Anda krn kebangkrutan ini ?"

Pengusaha :"Anak anak saya sangat mendukung dan siap membantu saya. Tetapi apa gunanya, saya sudah tidak punya apa apa lagi".

Peale :"Bagaimana dengan teman teman Anda ?"

Pengusaha :"Beberapa menjauh dari saya, tetaoi tidak apa apa. Saya jadi tahu siapa teman sy yg sejati. Sebagian besar teman tetap mendukung saya, mereka siap meminjamkan uang jika daya memerlukannya. Tetapi kejatuhan saya ini sudah sangat parah. Saya benar benar bangkrut".

Peale terus menanyakan beberapa hal lagi dan menulis jawaban pria tadi. Kemudian dia menunjukkan kertas itu. Di samping kiri tertulis HAL HAL YG MASIH DIMILIKI. Sebelah kanan tertulis HAL HAL YG HILANG. Di kolom kiri paling atas tertulis kesehatan yang bagus, kemudian isteri yg setia, anak yg mendukung, teman teman yg siap membantu, rumah yg nyaman, mobil yg nyaman, tetangga yg baik, dan masih banyak lagi.

Di sebelah kanan hanya ada 1 tulisan yi Perusahaan.

"Inilah daftar apa yg masih Anda miliki dan yg hilang dari Anda. Yg hilang hanya 1 yaitu perusahaan Anda. Sedang yg lain masih utuh. Anda bukan kehilangan segala galanya, tetapi Anda masih memiliki segala galanya. Kecuali bisnis Anda"

Membaca itu, pria tadi menangis tetapi dg suasana yg berbeda. Kemudian dia tersenyum dan mengucapkan terimakasih kepada Peale krn telah disadarkan bahwa sebenarnya dia masih memiliki banyak hal yg jauh lebih berharga yg disangkanya sdh tidak dimilikinya lagi.

Peale kemudian membekali pria tadi dengan sebuah kalimat yg perlu diucapkan jika menghadapi kondisi yg dianggapnya sulit. Kalimat itu perlu dibaca 3 kali. Kalimat itu terus sy gunakan sampai sekarang. "Demi Tuhan yang telah memberikan kekuatan kepadaku, aku mampu melakukan segala galanya"

Pria yg tadi masuk ke kamar dg muka tertunduk lesu dan mata suram. Sekarang keluar dari kamar Peale dg muka tengadah. Matanya memancarkan keoptimisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang Spam Dan Berkomentarlah Dengan Sopan

Back To Top